News  

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sinjai Capai 1,80 Persen

KABARBUGIS.ID – Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Sinjai tahun 2022 mencapai angka 1,80 persen, hal tersebut berdasarkan berita resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai akhir Desember lalu.

Dengan kondisi tersebut dapat diartikan dari 100 orang angkatan kerja, sedikitnya terdapat satu sampai dua orang pengangguran.

"TPT hasil Sakernas Agustus 2022 sebesar 1,80," dikutip dari berita resmi Statistik, BPS Kabupaten Sinjai, Senin (9/1).

Adapun TPT dilihat dari jenis kelamin, TPT Laki-laki berada pada angka 0,82 persen, artinya terdapat penurunan dari tahun sebelumnya, namun berbanding terbalik dengan  TPT perempuan yang mengalami peningkatan hingga mencapai angka 3,34 persen.

TPT Perempuan mengalami peningkatan dibandingkan Agustus 2020 dan Agustus 2021, sedangkan TPT Laki-laki mengalami penurunan, TPT Laki-laki dan perempuan pada Agustus 2020 masing-masing sebesar 2,29 persen dan 3,16 persen. Pada Agustus 2021, TPT Laki-laki dan perempuan masing-masing sebesar 2,24 persen dan 3,1 persen.

Lebih lanjut, dilihat berdasarkan pendidikan tertinggi yang ditamatkan, TPT terendah berasal dari mereka dengan pendidikan "Tidak/Belum pernah sekolah/Belum tamat SD dan tamat SD" dengan angka 0,31 persen sementara TPT tertinggi berasal dari tamatan Diploma I/II/III sebesar 13,60 persen.

Sementara pada tahun Agustus 2022, TPT dari Diploma I/II/III masih merupakan yang paling tinggi dibandingkan tamatan jenjang pendidikan lainnya, sementara TPT yang paling rendah adalah mereka dengan pendidikan Tidak/Belum pernah sekolah/Belum tamat dan tamat SD, sedangkan TPT dari tamatan universitas sebesar 3,31 persen.

Diketahui, TPT merupakan indikator yang dapat digunakan dalam mengukur tenaga kerja yang tidak terserap oleh pasar kerja dan mendapatkan gambaran kurang termanfaatkannya pasokan tenaga kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *