KABARBUGIS.ID – Pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada 2022-2023. Jumlah tersebut meningkat 2,67% dibandingkan pada periode sebelumnya yang sebanyak 210,03 juta pengguna.
Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dilansir dari situs resmi APJII, Jumat (10/3), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Jumlah tersebut meningkat 2,67% dibandingkan pada periode sebelumnya yang sebanyak 210,03 juta pengguna.
Jumlah pengguna internet tersebut setara dengan 78,19% dari total populasi Indonesia yang sebanyak 275,77 juta jiwa. Persentasenya lebih tinggi 1,17% poin dibandingkan pada 2021-2022 yang sebesar 77,02%.
Sementara berdasarkan jenis kelaminnya, tingkat penetrasi internet terhadap laki-laki di Indonesia sebesar 79,32%, Angkanya lebih tinggi dibandingkan penetrasi internet kepada perempuan yang sebesar 77,36%.
Adapun, tingkat penetrasi internet di wilayah perkotaan sebesar 77,36% pada 2022-2023. Persentasenya pun lebih baik ketimbang di wilayah perdesaan yang sebesar 79,79%.
Sebagai informasi, APJII bersama SRA Consulting melakukan survei terhadap 8.510 responden di seluruh Indonesia pada 10-27 Januari 2023. Survei ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) 1,14% dan tingkat kepercayaan 95%.
Durasi Warga Indonesia Main Internet
Rata-rata durasi penggunaan internet di Indonesia yang selama 462 menit atau 7 jam 42 menit pada kuartal III/2022. Berdasarkan data We Are Social, durasi tersebut turun dibandingkan setahun sebelumnya yang selama selama 8 jam 36 menit per hari.
Melandainya pandemi Covid-19 telah mendorong semakin banyaknya aktivitas masyarakat Indonesia di luar rumah. Seiring hal tersebut, penggunaan internet yang menopang aktivitas digital di dalam negeri pun menurun.
Hal itu terlihat dari rata-rata durasi penggunaan internet di Indonesia yang selama 462 menit atau 7 jam 42 menit pada kuartal III/2022. Berdasarkan data We Are Social, durasi tersebut turun dibandingkan setahun sebelumnya yang selama 8 jam 36 menit per hari.
Melihat trennya, rata-rata durasi penggunaan internet sempat melonjak pada kuartal III/2020. Kondisi itu terjadi seiring merebaknya wabah Covid-19 di dalam negeri.
Namun, durasi tersebut terus mengalami penurunan sejak kuartal III/2021. Penurunan itu pun terus berlanjut pada kuartal III/2022.
Meski durasi akses internet menurun, waktu yang dipakai masyarakat Indonesia bermain media sosial masih naik 0,5% menjadi 3 jam 18 menit pada kuartal III/2022. Begitu pula dengan waktu untuk menyaksikan streaming video yang naik 1,8% menjadi 2 jam 53 menit.
Sedangkan, rata-rata durasi masyarakat Indonesia bermain gim konsol selama 1 jam 15 menit pada kuartal III/2022. Durasi tersebut menurun 5,1% dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.