News  

Dinas Kesehatan Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Perkesmas

KABARBUGIS.ID – Dalam upaya terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Pinrang, Dinas Kesehatan Pinrang menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas). Acara ini berlangsung di Hotel MS, Pinrang, pada Rabu (23/08/2023), dan dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Amtsyir Muhadi, M.Adm.Kes, Kabid Yankes, Hj. Nurhaedah, SKM, M.Kes dan Subkoord Pelayanan Kesehatan Tradisional Sitti Chadijah, SKM serta diikuti oleh 18 Puskesmas serta lintas program terkait.

Workshop yang diinisiasi oleh Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi pengelola Perkesmas dalam mengelola program-program kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, serta mendukung pencapaian target kesehatan di wilayah kabupaten ini.

Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Amtsyir Muhadi, M.Adm.Kes yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pinrang, dalam sambutannya menyampaikan, “Kami sangat berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Pinrang. Workshop ini adalah salah satu langkah kita untuk memperkuat kapasitas pengelola Perkesmas dan program-program terkait sehingga kita dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat.” katanya 

Workshop ini menghadirkan Erwing Marsuki,S. Kep. Ns., M. Kep. sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Materi-materi yang dibahas meliputi manajemen program kesehatan, pemantauan dan evaluasi program, manajemen data kesehatan, serta teknik komunikasi efektif dengan masyarakat.

Peserta workshop yang terdiri dari pengelola Perkesmas, petugas kesehatan, dan pendamping program dari berbagai Puskesmas di Kabupaten Pinrang, aktif terlibat dalam sesi-sesi diskusi, studi kasus, dan simulasi. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama workshop ke dalam pekerjaan sehari-hari mereka.

Selain itu, workshop ini juga menjadi forum yang baik untuk berbagi pengalaman antar-Puskesmas dan program-program terkait. Hal ini akan memungkinkan adanya sinergi antara berbagai program kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Pinrang.

Salah satu peserta workshop, Hj. Jasni wati, S.Kep Ns, pengelola Perkesmas di Puskesmas Salo, mengatakan, “Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami dapat belajar dari pengalaman Puskesmas lain dan mendapatkan wawasan baru dalam mengelola program-program kesehatan masyarakat. Kami berharap hal ini akan membawa perubahan positif dalam pelayanan kesehatan di daerah kami”, harapnya.

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Keperawatan Kesehatan Masyarakat ini menurut Subkoord Yankestrad Sitti Chadijah, SKM diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Pinrang. “Dengan peningkatan kompetensi dan pengetahuan pengelola Perkesmas, diharapkan akan terwujud sistem kesehatan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat setempat”, jelasnya.

Exit mobile version