Ditulis Satu Tahun Lebih, Wajo Hadirkan Mushaf Al-Qur’an Raksasa

Ditulis Satu Tahun Lebih, Wajo Hadirkan Mushaf Al-Qur’an Raksasa
Mushaf Al-Qur’an Raksasa hasil karya Ustadz Usman Pabbo yang diserahkan ke Bupati Wajo Amran Mahmud di Masjid Agung Ummul Quraa, Sengkang (Ist).

KABARBUGIS.ID – Al-Qur'an akbar atau berukuran besar menjadi ikon baru di Kabupaten Wajo. Al-Qur'an "raksasa" ini ditulis oleh Ustadz Usman Pabbo selama satu tahun lebih lamanya.

Mushaf Al-Qur'an akbar ini berukuran 120x90cm (terbuka 180 cm) dengan ketebalan 20 cm. Ditulis Ustadz Usman selama satu tahun lebih. 

Beratnya Al-Qur’an akbar ini sekitar 270 kg dengan jumlah halaman 605. Kertas yang digunakan jenis kertas jasmine cream paper, jenis huruf khat naskhi dengan rasm Utsmani, serta peti/boks dan alas silang terbuat dari kayu cendana atau jati yang diukir. 

Al-Qur'an berukuran besar merupakan mushaf ketujuh yang telah ditulis Ustadz Usman Pabbo selama ini.

Al-Qur'an tersebut disimpan di Masjid Agung Ummul Quraa, Kota Sengkang. Setelah diserahterimakan oleh Ustadz Usman Pabbo ke Bupati Wajo, Amran Mahmud usai sholat Jum'at, Jumat (4/11).

Setelahnya, Amran menyerahkannya kepada Pengurus Masjid Agung Ummul Quraa, Karyaman, untuk kemudian diabadikan di masjid kebanggaan masyarakat Bumi Lamaddukelleng itu.

Bupati Wajo Amran Mahmud menyampaikan kesyukurannya bisa menghadirkan mushaf akbar hasil tulisan Ustaz Usman. Menurutnya, keberadaan mushaf ini akan menjadi mushaf induk Al-Qur'an di Kota Sutera.

"Kita berharap ini akan menjadi spirit untuk menyiapkan generasi qur'ani dan generasi penghafal Al-Qur'an sebagaimana yang selama ini menjadi salah satu program prioritas Pemkab Wajo," ujar Amran Mahmud.

Penulis : Redaksi

Editor : Rudi HR