4 Pilihan Objek Wisata Kabupaten Sinjai

4 Pilihan Objek Wisata Kabupaten Sinjai
Suasana pedesaan yang tenang di salah satu spot foto di objek wisata Panrita Hill (Dok. KabarBugis.id).

KABARBUGIS.ID – Akhir pekan sering kali dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga, sahabat, pasangan dan orang-orang terdekat baik di rumah maupun di tempat-tempat yang memukau seperti objek wisata.

Nah, untuk memilih objek wisata di Kabupaten Sinjai, berikut beberapa rangkumannya yang dihimpun KabarBugis.id untuk anda.

1.Kampung Galung

Pada tahun 2022 Desa Wisata Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai dengan objek wisata Kampung Galung berhasil mendapat penghargaan sebagai peringkat kedua pada Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara.

Sesuai namanya, jika berkunjung di lokasi Kampung Galung tentu identik dengan suasana perkampungan dengan udara sejuk dan hamparan persawahan dengan berbagai fasilitas seperti, Gazebo, Warung Kuliner, Kolam Renang, dan Camping Ground.

2. Taman Hutan Raya (TAHURA) Abdul Latief

Taman Hutan Raya (TAHURA) Abdul Latief ini berada di Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai selain sebagai kawasan hutan lindung, juga dimanfaatkan sebagai lokasi eduwisata.

TAHURA Abdul Latief kerap kali menjadi pilihan sebagai lokasi camping karena suasana sejuk, keindahan alamnya terutama penggemar Sunrise dan Sunset serta ketersediaan fasilitas umum seperti Tempat Beribadah, Toilet, Tempat Sampah, Warung Kuliner, Gazebo dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

3. Hutan Mangrove Tongke-Tongke Sinjai

Hutan Mangrove Tongke-Tongke Sinjai memiliki luas hutan mangrove sekitar 78.00 hektar are dan pohon mangrove tersebar di sepanjang pesisir sekitar 2,5 Km berlokasi di Dusun Cempae, Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur termasuk wisata primadona kabupaten Sinjai.

Saat berkunjung, wisatawan disuguhkan dengan laut lepas dan gugusan pulau sembilan sejauh mata memandang serta dapat menyewa Speedboat guna menyusuri hutan bakau. Terkhusus fasilitas, lokasi ini cukup dilengkapi fasilitas untuk bersantai dengan keluarga.

Lokasi destinasi wisata tersebut dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun empat sekitar 20 menit dari pusat kota Sinjai dengan jarak sekitar 8 kilometer.

4. Panrita Hill

Panrita Hill salah satu objek wisata religi di Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Wisata itu dikelola Erwin Syukri dengan memanfaatkan sekitar dua ribu meter persegi.

Tempat ini identik dengan musholla dengan bentuk menyerupai Ka'bah dengan ukuran cukup besar berada di tengah-tengah lokasi, selain itu juga terdapat beberapa gazebo, kolam ikan dan Villa.

Saat ini, Panrita Hill termasuk objek wisata dikelola perseorangan, sehingga pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk tiket masuk, cukup dengan Rp 2.000/orang.

Lokasinya juga cukup terjangkau, hanya sekitar 8-10 menit dari Kantor Bupati Sinjai.

Penulis : Satmaniar

Editor : Rudi HR

Kabar Serupa :
Sponsor
Wisata Barania Juara Satu Kategori CHSE
Kabar Pariwisata

Wisata Barania Juara Satu Kategori CHSE

31.10.2022 - 10:46
Geopark Maros Pangkep menjadi UNESCO Global Geopark
Kabar Pariwisata

Geopark Maros Pangkep menjadi UNESCO Global Geopark

07.09.2022 - 00:58