Sosok Putra Sulsel Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Batu

Sosok Putra Sulsel Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Batu
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat melantik Aries Agung Paewai sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Batu di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

KABARBUGIS.ID – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai, baru saja mendapat amanah baru. Dia ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Batu

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa resmi melantik Aries Agung Paewai sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Batu di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Penunjukan Aries Agung Paewai sebagai PJ Wali Kota Batu

Pasca berakhirnya masa tugas Dewanti Rumpoko sebagai Wali Kota Batu, terhitung per 27 Desember 2022 pada pukul 23.59 WIB, Kota Batu dipimpin seorang Pelaksana Tugas (Plt) wali kota yang diemban Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Effisiensi. Namun kewenangan Plt sangat terbatas. Sehingga ditunjukkan seorang Penjabat (Pj) wali kota, yang kewenangannya lebih besar.

Kewenangan menunjuk Pj kepala daerah ini berada di tangan Mendagri yang diusulkan gubernur. Sebelumnya, gubernur telah mengusulkan beberapa nama. Salah satunya Aries Agung Paewai, yang akhirnya ditunjuk Mendagri menjadi Pj Wali Kota Batu.

Surat Keputusan Mendagri, Tito Karnavian Bernomor 100.2.1.3-6344 tentang Pengangkatan Aries Agung Paewai sebagai Pj Wali Kota Batu, sudah ditandatangani pada 27 Desember 2022. Namun Aries baru dilantik, Kamis (19/1) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Nama Aries Agung Paewai, bukan asing di lingkungan Pemprov Jatim. Dia adalah salah satu Kepala OPD berprestasi di era Gubernur Khofifah dan Gubernur Soekarwo.

Putra kelahiran Makassar pada 17 April 1976 ini mengawali karir birokrasinya, sebagai tenaga kontrak atau PTT (pegawai tidak tetap) di Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan. Di kabupaten yang kini masuk Provinsi Sulawesi Barat itu, Aries  dipercaya sebagai Kepala TU Kantor Catatan Sipil dan berlanjut sebagai Kasubag Kependudukan Bagian Pemerintahan Setda Majene.

Sebelum jadi Kepala TU Catatan Sipil itu, Aries pernah menjadi ajudan Bupati Majene saat pertama kali penempatan setelah lulus dari STPDN di tahun 1999. Melihat prestasi kerjanya, Aries dipromosikan menjadi Kasubag Protokol, sekaligus Plt Kabag Protokol Pemprov Sulsel.

“Saya pernah menjadi ajudan Gubernur Sulawesi Selatan Mayjen TNI Purn HM Amin Syam, menjadi Sespri Pj Gubernur Jawa Timur Mayjen TNI Purn Setia Purwaka dan pernah menjadi Staf Khusus Pj Gubernur Sulawesi Selatan Mayjen TNI Purn Tanribali Lamo,” kata Aries dikutip dari KabarJawa.com jaringan KabarBugis.id.

Setelah cukup lama mengabdi di Sulawesi Selatan, Aries lantas mutasi ke Pemprov Jatim pada 2008, yang waktu itu gubernur Jatim dijabat H Imam Utomo.

“Saat masuk ke Pemprov Jatim, saya menjadi staf di Bagian Protokol, Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim,” ujarnya.

Sejak masuk di Pemprov Jatim, karir birokrasinya benar-benar terukur. Sehingga diserahi jabatan sebagai Kasubag Protokol di Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim pada era Gubernur Soekarwo. Setelah itu dipercaya menjadi Kasubag UMKM Biro Perekonomian Setda Provinsi Jatim. Setelah itu dipromosikan jadi Kabag Protokol Jatim, serta Kepala Biro Humas dan Protokol.

Sebagai Karo Humas dan Protokol, Aries berhasil meningkatkan popularitas Gubernur Soekarwo. Bahkan setelah kepemimpinan Jawa Timur beralih ke tangan Khofifah Indar Parawansa, membuat gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini nyaman. Sebab, sebagai Karo Humas dan Protokol, Aries berhasil meningkatkan hubungan dengan berbagai pihak.

Jejak langkah Aries yang cukup baik mengangkat nama Jawa Timur, di dunia adalah perannya  melakukan kerjasama bilateral dengan luar negeri. Seperti saat diberi tugas khusus ke beberapa negara Benua Asia, bahkan Eropa dan Afrika. Di antaranya Perancis, Belanda, Afrika Selatan, Australia, Korea Selatan Singapura, Belgia, Italia, Jerman, Rusia dan Inggris.

Prestasi yang sangat membanggakan dari Areis adalah, selama mengikuti berbagai pelatihan kepemimpinan selalu berperingkat terbaik. Diangkatannya mulai dari Pelatihan Kepemimpinan Tk. III   tahun 2006 Peringkat 1, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk. II Tahun 2017 Peringkat 5 terbaik dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional  Tk. I tahun 2022 yang baru selesai diikutinya meraih peringkat II.

Aries akan menjadi Pj Wali Kota Batu cukup lama, yakni sekitar dua tahun. Dia akan menjabat sampai terpilihnya Wali Kota Batu definisi hasil Pilkada serentak 24 November 2024 nanti.

Prestasi BPSDM 2022

Di tangan Aries, BPSDM Jatim berhasil menorehkan beragam prestasi gemilang di satu tahun terakhir ini. Saat lembaga pendidikan pejabat itu dikendalikan Aries, prestasinya dilirik pemerintah pusat. Tidak tanggung-tanggung, dalam satu tahun saja, di tahun 2022, sebanyak 19 penghargaan berhasil dikantongi oleh BPSDM Jatim.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jatim yang dipimpin Aries Agung itu berhasil meraih prestasi dan dan penghargaan sebagai Peringkat I Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah Berprestasi Tahun 2022. Di samping itu juga,  sebagai Instansi Pemerintah Terbaik Kategori Pemerintah Provinsi Dalam Capaian Pemenuhan Pengembangan Kompetensi Tahun 2022–Training Rate Award LAN RI.

Prestasi BPSDM Jatim selama 2022 yakni; Instansi Pemerintah Terbaik Kategori Pemerintah Provinsi dalam Capaian Pemenuhan Pengembangan Kompetensi Tahun 2022 - Training Rate Award dari LAN RI. Peringkat 1 Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah Berprestasi Tahun 2022 oleh LAN – RI. Terakreditasi A Lembaga Diklat di Bidang Teknis Penanggulangan Bencana th. 2022 oleh BNPB.

Lalu Penghargaan Widyaiswara Kehormatan untuk Gubernur Jawa Timur dari LAN RI. Peringkat 3 Kategori Media Sosial – Kompetisi jatim Public Relation Awards (JPRA) Tahun 2022. Peringkat 1 Pengalokasian Anggaran Pengembangan Kompetensi Terbesar Tahun 2022 pada Rakornas BPSDM Aparatur Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2022. Peringkat 1 Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Pemerintah Kategori Jenis Sertifikasi terbanyak Periode 2020-2022 pada Rakornas BPSDM Aparatur Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2022.

Kemudian Peringkat 2 Sertifikasi Kompetensi Pemerintahan Kategori Jumlah Peserta Terbanyak 2020-2022 – Rakornas BPSDM Aparatur Pemerintah Dalam Negeri Tahun 2022. Sepuluh Besar Kompetisi Microlearning LAN RI Tahun 2022. Juara Harapan I OPD Terbaik pada Festival Inovasi Desa Tahun 2022. Penghargaan Peran Serta Pengembangan Pendidikan oleh Sekolah Pascasarjana UNAIR.

Selain itu juga meraih Penghargaan Perangkat Daerah dengan Kualitas Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Terbaik Tahun 2022 oleh Gubernur Jawa Timur. Penghargaan Juara Harapan 2 Lomba Paduan Suara ASN Antar OPD Dalam Rangka Hari Jadi ke 77 Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. Penghargaan Peringkat 3 terbaik festival Inovasi PKN Tk I Angkatan 53 Tahun 2022.

Setelah itu juga meraih Peringkat 3 terbaik Festival Inovasi PKN Tk. I angkatan 53 tahun 2022. Penghargaan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Terinovatif oleh Surat Kabar Harian Momerandum. Penghargaan Komitmen dan Kesungguhan dalam Implementasi SAKIP dengan Predikat A. Penghargaan Upaya dan Komitmennya dalam Pelaksanaan Percepatan Reformasi Birokasi dengan Kategori B (Cukup Baik).

Selanjutnya, Reza Prakoso Ramadhan ST MSc, Widyaisawa Ahli Pertama menerima penghargaan Lencana Jer Basuki Mawa Bea Perak dari Gubernur Jawa Timur atas dedikasi dan prestasinya sebagai Widyaiswara berprestasi dengan karya tulis Ilmiah "Penguatan Literasi Keuangan Berbasis Kemitraan" Tahun 2022.

Penulis : Redaksi

Editor : Rudi HR