Sekoper Pakaian Antarkan Dewi Jadi Kadis Kesehatan Pinrang

Sekoper Pakaian Antarkan Dewi Jadi Kadis Kesehatan Pinrang
drg Dyah Puspita Dewi saat menjadi narasumber program Upi Show (Foto: Rudi Hartono)

KabarBugis.id – Kisah datang dari seorang dokter gigi, memutuskan untuk merantau meniti karir hanya bermodalkan satu koper pakain. ia adalah drg, Dyah Puspita Dewi, M.Kes lahir di Magelang, Jawa Tengah pada 23 Februari 1966.

Dyah Puspita Dewi merupakan seorang dokter gigi jebolan dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1992. Ia memulai karir awalnya dan ditugaskan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Bungi, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang pada tahun 1994.

Hal itu diungkapkan oleh Dyah Puspita Dewi saat menjadi narasumber program Upi Show jaringan Kabar Grup Indonesia (KGI) Network, Sabtu (13/2) baru-baru ini.

“Saya ini kan perantau seberang pulau asal Magelang. Saya berangkat hanya dengan satu koper pakaian ke sini (Pinrang). Waktu itu saya masih sendiri, penugasan pertama langsung di Puskesmas Bungi,” kata Dewi.

Enam tahun mengabdi di PKM Bungi sebagai dokter gigi. Dewi sapaan akrabnya dipercayakan menduduki jabatan fungsional sebagai Kepala PKM Bungi tepatnya pada 15 Desember 2000 berdasarkan surat keputusan Bupati Pinrang.

Lima tahun berikutnya, Dewi dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kepala Sub Bidang Bina Kesga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pinrang. Tahun 2008 Kabid BKBD Pinrang, sementara di tahun 2009 menjabat sebagai Kabid Pemberdayaan Perempuan ditahun yang sama sebagai Kabid Bina P2PL Dinas Kesehatan.

Di tahun 2013 ia ditunjuk sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Sekitar dua tahun lebih menjadi staf ahli Bupati, wanita yang juga lulusan pasca sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin ini dipercayakan menjadi Kepala Dinas Kesehatan Pinrang sejak Juni 2016 hingga saat ini.

Perempuan penyintas Covid-19 itu telah mengantarkan Dinkes Kesehatan yang dipimpinya meraih beberapa prestasi diantaranya Penghargaan STBM Berkelanjutan Kabupaten/Kota Stop BABP/ODF tahun 2019 yang diraih dari Kementerian Kesehatan, Piagam Penghargaan Kemenkes RI kategori Daerah yang Menerapkan kolaborasi lintas sektor dalam penanggulangan Rabies tahun 2020. Penghargaan Gubernur Sulsel atas capaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) tahun 2017 serta beberapa penghargaan lainya.

Tak hanya itu di momen HUT Kabupaten Pinrang ke-61, Dinas Kesehatan Pinrang berhasil meraih penghargaan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terbaik dalam rangka penilaian Citra Pelayanan Prima (CPP) tahun 2021.

Selain sebagai pejabat daerah, Dewi juga aktif di beberapa organisasi diantaranya sebagai Sekretaris Dharma Wanita Perempuan (DWP) 2009-2014, Ketua DWP 2014-2019, Ketua PKK 2014-2019, Wakil Ketua PKK 2019-2024 dan Sekretaris PMI Pinrang 2014-2024.

Dewi mengatakan jabatan merupakan amanah untuk berbuat baik, bekerja sesuai kemampuan serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diberikan.

“Jabatan itu adalah amanah untuk berbuat baik. Bekerjalah sesuai tanggung jawab, kebaikan itu akan terlihat dengan kinerja” ungkap ibu dua anak itu.

Penulis : Rudi Hartono

Editor : Redaksi